Insentif Bulanan Guru Al-Quran - IBUQU

  Home / Program / Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa / Insentif Bulanan Guru Al-Quran

Insntif Bulanan Guru Al-Quran (IBUQU) merupakan program pemberian insentif bagi para guru-guru ngaji, guru-guru TPQ, yang telah berdedikasi untuk mengajarkan kalam Ilahi kepada anak-anak dan murid-muridnya. Program ini muncul karena melihat kurangnya perhatian dan penghargaan masyarakat kepada para pengajar Al-Quran tersebut.

Laiknya air yang mengguyur tanah gersang, para guru Al-Qur'an hadir mensyiarkan panji-panji Allah di tengah dunia yang semakin kerontang dari nilai-nilai keagamaan. Mereka tak menuntut gaji, apalagi sertifikasi. Mendapat kesempatan untuk menebar dakwah saja sudah menjadi ladang amal yang senantiasa mereka kejar. Tanpa mengharap imbalan selain mengucurnya pahala dari Sang Pencipta.
Tak banyak pihak yang menaruh apresiasi padanya. Padahal, melalui merekalah, anak-anak kita belajar mengkaji kalam Illahi. Mengenal agamanya, sebagai petunjuk keselamatan dalam hidupnya kelak. Lewat lisan mereka pula, sejumlah warga menjadi kian agamis, lebih mendekatkan diri pada Rabbnya.

Betapa kita merindukan sosok-sosok mulia seperti mereka. Yang dengan ikhlas, mengajar Al-Quran meski tanpa imbalan sepadan. Yang dengan semangat, menebarkan Islam yang suci, kendati kadang malah berbalas caci maki. Yang tak pernah menyerah menebar risalah, meski harus bersinggungan dengan banyak masalah.

Alhamdulilah dana sedekah dari para donatur telah membuat 1.321 Guru Al-Quran di Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi lebih berdaya.

Program turunan dari IBUQU telah tercipta dianatarannya, Penganugraahan Guru-Q Inspirasiku, yaitu sebuah penghagaan terhadap dedikasi dan perjuangan para guru Al-Quran, dimana Nurul Hayat mencarikan perusahaan, dan donatur untuk dapat memberanhkatkan guru Al-Quran terinspiratif untuk berangkat umrah ke Makah dan Madinah. Untuk tahun 2013 ini Nurul Hayat dibantu para sponsor dan donaturnya berhasil memberangkatkan 5 guru Al-Quran.

Selain insentif langsung ke guru pengajar Al-Quran, Nurul Hayat juga memfasilitasi terselenggaranya proses balajar mengajar Al-Quran agar berlangsung baik, melalui pelatihan-pelatihan dan pemenuhan fasilitas fisik TPQ-TPQ yang minim fasilitas.


  •   Perum IKIP Gunung Anyar B-48,
              Surabaya, Indonesia
  •   +62.31. 8783344
  •   +62.31. 8783344
  • salam@nurulhayat.org

Facebook

Twitter