Majelis Ta'lim Abang Becak - MATABACA

  Home / Program / Program Dakwah / Majelis Ta'lim Abang Becak


Para Abang becak adalah contoh komunitas kehidupan jalanan. Kadang karena lingkungan yang keras dan kebutuhan akan segenggam beras, membuat mereka tak punya waktu mengasah ruhaniah mereka. Dan ketika jalan takwa tidak dirajut sama sekali, hatipun semakin buta. Maka tak jarang kita melihat di pangkalan becak mereka mengisi waktunya dengan main kartu, pesta miras, dan perilaku negatif lain. Sabda Nabi SAW bahwa ?Kemiskinan mendekatkan pada kekafiran? menjadi benar apabila melihat keadaan tersebut.

Nurul Hayat sebagai lembaga dakwah tergerak untuk menyentuh kehidupan agama mereka. Dengan pendekatan kekeluargaan akhirnya NH berhasil menyatukan ribuan abang becak dalam kelompok-kelompok pengajian.
Setiap bulan, mereka menyisihkan waktu untuk datang ke masjid-masjid tempat dilaksanakannya ta'lim. Sebagai apresiasi atas kesedian mereka untuk mengaji, NH memberikan layanan berobat gratis, pinjaman tanpa bunga, dan santunan hari raya.

Alhamdulilah saat ini program MATABACA telah menjangkau hampir di seluruh pangkalan becak di kota Surabaya dengan jumlah anggota taklim 1560 orang, dari 32 pangkalan becak yang ada di seluruh kota Surabaya.




  •   Perum IKIP Gunung Anyar B-48,
              Surabaya, Indonesia
  •   +62.31. 8783344
  •   +62.31. 8783344
  • salam@nurulhayat.org

Facebook

Twitter