ZAKAT BANYUWANGI – Berawal dari rasa penasaran salah seorang santrikhidmat Nurul Hayat yang selalu melihat seorang penjual roti keliling yang lewat di depan kantor Yayasan Nurul Hayat Banyuwangi. Penasaran itu muncul bersamaan dengan naluri empati yang dimiliki santrikhidmat tersebut. Karena menurut pengamatannya, bapak penjual roti ini tidak mengayuh gerobak roti itu menggunakan kedua kaki beliau, melainkan dengan salah satu tangannya. Ya itu dikarenakan salah satu kaki bapak tersebut ternyata mengalami patah tulang yang diakibatkan oleh kecelakaan tabrak lari yang dialaminya. Kaki kanan Pak Catur -begitu kami memanggilnya setelah memberanikan diri untuk berkenalan dengan beliau- harus diamputasi karena akan berdampak buruk bila tidak dilakukan. Dan saat ini beliau harus memakai kaki palsu yang juga menurut kami sudah tidak layak pakai karena sudah rusak di semua sisinya.

“Ya sebenarnya sudah ndak enak ini mas kalau dipakai berjalan. Ini aja kaki saya mulai lecet-lecet dibagian bawah lutut dan dibagian paling ujung bawah sendiri. Perih rasanya kalau dipakai berjalan.” Begitu kata Pak Catur bercerita kepada kami.

 


Bapak Catur merupakan sosok yang humble dan tidak minder dengan kondisi pribadinya. Beliau selalu menjawab pertanyan-pertanyaan yang kami berikan. Dan saat ini yang paling beliau butuhkan adalah kaki palsu yang baru supaya dia tetap nyaman dalam setiap aktifitasnya, terutama dengan profesinya sebagai penjual roti keliling yang mengharuskan dia tidak hanya mengayuh, tapi juga terkadang menuntun gerobaknya pada medan-medan sulit semisal tanjakan.


Itulah yang membuat kami akhirnya memutuskan untuk berupaya membantu Pak Catur dengan memberikan kaki palsu yang baru. Kami mulai dengan mengambil foto-foto Pak Catur guna menunjukkan situasi yang sesungguhnya tentang Pak Catur.

Membuat link konten melalui platform yang kami miliki di zakatkita.org untuk membuka donasi kaki palsu. Serta mencari vendor yang tepat untuk pembuatan kaki palsu yang bagus namun harga minimalis. Selang beberapa waktu, harga telah disepakati, dan sang ahli turun untuk mengukur kaki palsu yang dibutuhkan, beriringan dengan donasi yang masuk dari para sahabat sejuk Nurul Hayat dari berbagai penjuru.


Dan Alhamdulillah, tepat hari ini Jumat, 30 Oktober 2020, kami tim Layanan Sosial Laz Nurul Hayat Banyuwangi menyerahkan Kaki Palsu Baru untuk Pak Catur langsung di rumah beliau di wilayah Kelurahan Karangrejo Kecamatan Banyuwangi. Beliau menerimanya dengan penuh kebahagiaan dan harapan, semoga dengan kaki palsu yang baru ini benar-benar bermanfaat dan membantu beliau dalam beraktifitas nantinya.


“Terimakasih saya ucapkan kepada Yayasan Nurul Hayat dan para donatur yang telah menitipkan donasinya untuk memberikan saya kaki palsu baru ini. Semoga Allah membalas kebaikan bapak ibu sekalian dengan balasan yang berlipat ganda. Amin.”