ZAKAT SIDOARJO – NH Zakat Kita Sidaorjo dan IMP (Info Masyarakat Probolinggo) menyelenggarakan Khitan Ceria, khitan gratis untuk para anak-anak muslim di lingkungan Bromo Tengger. Tidak hanya mendapatkan khitan gratis, mereka juga mendapat goodybag yang berisi uang saku, sarung dan alat tulis menulis.Warga Lereng Gunung Bromo yang terkenal dengan suku Tengger, sangat memegang erat budaya leluhurnya. Selain memberikan Khitan Gratis, Nurul Hayat menyelipkan kegiatan dakwah dengan cara memberikan kisah-kisah islami sebelum anak-anak di Khitan.

Dengan menerapkan protokol kesehatan dan dilakukan oleh dokter yang profesional, Khitan ini dirasa aman ditengah pandemi Covid 19. Acara ini diselenggarakan di Desa Sukapura Kecamatan Sukapura Probolinggo ini telah diikuti 170 lebih anak-anak disana. Mereka sangat senang, karena khitan yang dilakukan adalah khitan modern, dimana mereka tetap bisa beraktifitas seperti biasanya setelah dilakukan khitan. Di dokter umumnya harganya bisa jutaan rupiah, akan tetapi diacara ini mereka tidak membayar sama sekali alias gratis.

“Trimakasih kepada Nurul Hayat yang telah membantu kami dimasa pandemi ini, memberikan khitan gratis kepada kami masyarakat sukapura. Semoga menjadi keberkahan untuk para donatur semua.” Uangkap Bu Manisah, orang tua salah satu peserta.

Bu Ika sebagai Kordinator IMP mengatakan “Kami ucapkan trimakasih kepada Nurul Hayat, yang bersedia berkolaborasi bersama kami untuk membantu warga masyarakat disini. Semoga bisa berkolaborasi di kegiatan-kegiatan sosial selanjutnya.”

Syariat Khitan bagi laki-laki adalah kewajiban dalam seumur hidup. Namun mahalnya biaya khitan dimasa pandemi, tidak terjangkau oleh kalangan yatim dan dhuafa. Tidak ada biaya untuk melaksanakan syariat khitan pada putra-putranya.

Di beberapa Desa, islam menjadi agama minoritas di daerah suku Tengger. Dengan adanya kegiatan ini, kami ingin menanamkan bahwa antara saudara muslim sangatlah peduli dengan mereka. Berharap, mereka bisa menjadi agen dakwah di sekitarnya.

Kami ucapkan trimakasih kepada #KeluargaSejuk yang berdonasi untuk kegiatan ini. Semoga menjadi amal kebaikan untuk kita semua. Dan semoga mereka menjadi generasi muslim yang hebat, yang beriman dan bertaqwa.