Setiap tanggal 22 Oktober, para santri di seluruh Indonesia memperingati Hari Santri Nasional. Peringatan Hari Santri 2020 secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta pandemi virus corona Covid-19.

Di tengah pandemi Covid-19, merayakan Hari Santri Nasional tidak dapat seperti pada tahun sebelumnya, perubahan ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona yang hingga kini masih belum berakhir.

Keberhasilan Pesantren dalam melakukan pencegahan membuahkan hasil. Pasalnya, modal utama pesantren adalah tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, serta keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren.

Pada momentum Hari Santri Nasional 2020 ini, NH Zakatkita telah berbagi kemanfaatan kepada Pondok Pesantren. bantuan pangan senilai 1,5 Milyar telah didistribusikan. mulai hari ini hingga akhir tahun.

“Ini wujud kepedulian NH terhadap Pondok Pesantren. Santri juga punya peran penting terhadap kemajuan bangsa ini. karenanya, selamat hari santri, semoga diberikan kekuatan dalam mengemban tugas sebagai garda terdepan.” ungkap M. Robby Amrizal, Kepala Cabang NH Zakatkita Gresik-Lamongan

Sementara itu, K.H Bashori, Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Hikmah menyampaikan. “Santri adalah garda terdepan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman, ditangan mereka tumpuhan kejayaan Islam ke depan. Karenanya, santri harus kuat jiwa dan raganya, punya wawasan revolusioner, disiplin dan mandiri.”

zakatkita.org